Latest News

Solusi Xampp Di Macos Mojave Yang Tidak Muncul Label Button

Sebuah pengalaman jelek ketika upgrade macOS memang sering aku alami. Biasanya memang soal kompatibilitas software yang sebelumnya aku pasang. Dulu sempat bermasalah dengan Adobe Illustrator ketika upgrade ke OS X Lion. Bermasalah lagi ketika upgrade dari OS X Yosemite ke OS X El Capitan, beberapa software ada yang tidak dapat jalan alasannya struktur folder untuk software pihak ketiga diubah. Begitu juga ketika aku beberapa bulan yang kemudian mengupgrade ke macOS Mojave, XAMPP aku tidak muncul label button-nya.

Ketidakmunculan label button ini bahwasanya hal remeh, tapi menyebalkan. Berasa main tebak-tebakan. Sempat aku upgrade XAMPP-nya hingga versi 7.2.10, tapi justru menciptakan database aku sebelumnya tidak dapat diakses gara-gara versi MariaDB nya beda. Entahlah, pusing sekali waktu itu.

Nah, hari ini, sebelum aku memutuskan untuk upgrade XAMPP lagi, aku backup dulu semua database yang ada di XAMPP tersebut. Kemudian aku download XAMPP versi 7.2.12. Saya download versi terbaru alasannya memang aku baca di StackOverflow bahwa di versi yang gres sudah ada solusinya. Dan memang sesudah aku coba, dapat sungguhan. Button label-nya sudah terlihat lagi.

XAMPP 7.2.12 di macOS Mojave

Selain label button yang terlihat sudah muncul, aku menyadari bahwa tampilan tab-nya (Welcome, Manage Server, Server Events) juga lebih natural. Dulunya terlihat wagu.

Sepertinya Apache memang mulai serius membenahi tampilan software XAMPP di macOS kali ini. Sebelumnya terkesan, asal jadi dan dapat jalan saja.

Akhir kata, buat kau yang ingin update XAMPP di Mojave, harap backup database terlebih dulu. Jangan hingga mengalami pengalaman pahit yang aku alami. Selamat mencoba :)

0 Response to "Solusi Xampp Di Macos Mojave Yang Tidak Muncul Label Button"

Total Pageviews